5 Ide Self-love Saat Hujan (Single-Friendly)

November dan Desember adalah musim yang diyakini sebagai puncak musim hujan. Kalau orang Jawa, Oktober November Desember memiliki makna. Oktober - November adalah O-No-Mber atau Ono Sumber atau 'Ada sumber (air)'. Sedangkan Desember adalah gede sumber atau 'Sumber besar'. Cocoklogi? Saya paham.

Sebagai masyarakat pekerja di tengah kota metropolitan Surabaya, hujan memberikan 2 hal: suasana yang nyaman di akhir pekan dan suasana yang bikin kamu bilang 'Sialan!' saat mau berangkat atau pulang kerja. Perlu saya tambahkan, hal ini berlaku jika kamu seorang pekerja kelas menengah yang tidak punya mobil seperti saya.

Namun di tengah pandemi, semua berubah. Kebijakan work from home bikin kamu bisa santai di rumah sambil menahan panik melihat tanggal deadline yang semakin dekat.

Kabar baiknya, kamu bisa memaksimalkan musim hujan ini untuk mengambil kembali self-love yang mungkin sempat lenyap ditimpa segala kesibukan dan kecemasan di masa pandemi.

Kenapa musim hujan? Karena musim hujan bisa memberikan kamu energi positif. Hujan bersifat membersihkan debu dan segala kepengapan yang ada di udara, sehingga harapannya hal ini juga berdampak kepada kamu.

Saya sudah menyiapkan 5 ide self-love yang bikin pengalaman work atau school from home kamu lebih nyaman. Saya tidak memasukkan 'ndusel' atau 'cuddling' karena niche saya jadi semakin sempit hehehe. Tenang, single-friendly, kok!

Ada apa saja ya idenya?

1. Pertama, kamu bisa self-love sederhana dengan menyalakan lilin aromaterapi

Satu Sumbu, salah satu lilin artisan lokal kesukaan saya

Lilin aromaterapi belakangan ini menjadi penyelamat saya dari kecenderungan kecemasan saya. Di tengah pandemi, kuliah profesi saya terhambat karena komunikasi yang kurang lancar sehingga bikin panik, hoi!

Salah satu cara untuk menenangkan diri adalah dengan menyalakan lilin aromaterapi dari Satu Sumbu, brand lokal lilin aromaterapi asal Malang yang aromanya bervariasi. Menariknya, lilin dari Satu Sumbu memiliki aroma natural yang nggak bikin pusing. Sempat saya beli lilin aromaterapi di salah satu department store, baunya artifisial banget kayak pengharum ruangan yang masif. Beda banget sama Satu Sumbu!

Kamu nggak perlu selalu menyalakan lilin setiap saat. Cukup saat kamu membutuhkan konsentrasi atau ketenangan saja. Kamu bisa coba cek katalog lilin Satu Sumbu di link berikut ini.

2. Percaya nggak, kalau menanam tanaman bisa dimulai sebagai langkah self-love?

Menanam tanaman sebagai salah satu rangkaian self-love // Unsplash

Sejak sahabat saya Bey jualan sawi di rumahnya dan membuktikan bahwa sawi bisa jadi BESAR banget, saya tertarik untuk menanam sawi di kos saya. Beruntung, balkon kos sangat luas dan cocok untuk menanam sawi.

Saya sudah 3x masa panen dan semuanya menyenangkan! Saya bisa mendapatkan jaminan sayuran hijau setiap saat untuk menjadi bekal ke kantor atua saat berkuliah daring. Cukup cari protein nabati dan hewani saja!

Perasaan merawat dan juga mendapatkan hasil dari panen bisa meningkatkan rasa cinta diri sendiri. Kamu akan mengapresiasi dan lebih menghargai usaha dirimu sendiri.

Bagaimana jika gagal? Pun tak mengapa, karena kamu akan berlatih menghadapi kegagalan dan kemudian menyadarinya bahwa kamu bisa memulai kembali, kan?

Saya menyarankan kamu untuk memulai menanam tanaman di musim hujan (untuk tanaman yang butuh air banyak) karena kamu tidak pelru repot-repot menyiraminya dan kesempatan untuk gagal lebih berkurang. Saya tinggal di Surabaya dan cukup panas saat kemarau sehingga tidak jarang sering layu.

Jika kamu menanam saat musim hujan, kamu bisa menghemat waktu sambil melihat pola pertumbuhan tanaman kamu. Jangan lupa ajak bicara setiap pagi dengan memberikan afirmasi positif, ya!

3. Ritual mandi air hangat bisa bikin kamu lebih rileks

Acungkan tangan jika kamu tipe yang suka mandi air hangat setiap saat. Sayangnya, di tengah waktu yang begitu padat, mungkin mandi air hangat bukanlah opsi yang mudah. Pinginnya langsung jebyur trus tidur!

Musim hujan memberikan iklim lebih sejuk yang membuatmu ingin beristirahat dan tentunya mendapatkan suasana hangat, bukan? Nggak cuma lewat pelukan, tetapi kamu bisa rileksasi dirimu dengan mandi air hangat!

Tenang, kamu nggak harus mandi seluruh badan dengan air hangat. Kamu bisa menyiapkan ember dan sedikit air hangat untuk membasuh kakimu. Tambahkan epsom salt atau garam mandi yang bisa melemaskan otot kakimu.

Hujan membuatmu tidak kemana-mana. Kamu bisa menikmati air hangat sambil membaca majalah, buku, atau gadget selain media sosial, ya!

4. Tidur siang! Kok bisa?

Tidur siang emang paling enak! // Unsplash

Tidur siang memberikan kamu kesempatan untuk refresh dan bisa kembali bangkit menghadapi tantangan atau to-do list di hari itu. Ironisnya, karena banyak tugas, biasanya kamu merasa bersalah kalau mau tidur siang!

Padahal tidur siang justru bisa meningkatkan kapasitas otak karena beristirahat dan nggak jarang bikin creative juice kamu meningkat. Jangan heran jika di startup ternama, selalu ada ruang istirahat untuk tidur.

Nah, karena hujan suasananya bikin kalem dan seringkali bikin agenda kamu tertunda, nggak ada salahnya untuk tidur siang cepat alias power nap. Tidur siang yang disarankan adalah 30 menit saja agar kamu tidak kelewat pusing. Pastikan kamu berniat tidur tanpa buka gadget dulu, ya!

5. Tarik nafas, kemudian ambil sheet mask atau masker, dan nikmati waktu yang terhenti karena hujan

The best thing about rainy day is you can enjoy the time all your own. Karena bakal banyak hal-hal yang bisa kamu tunda dan tak perlu terburu-buru.

Self-love memintamu untuk bersantai sejenak, menikmati seluruh hal yang ada di depan kamu tanpa terburu-buru. Tidak ada "Harus..." atau pun "Yang bagus itu...". Semua berjalan sesuai apa adanya. Nikmatilah.

Salah satu cara terbaik adalah dengan mengenakan sheet mask atau masker wajah favoritmu. Tentu tidak nyaman jika bergerak atau melakukan banyak hal dengan masker terpasang, kan? Jadi nikmati waktu istirahatmu, sobat!

Gampang kan menikmati hujan sambil self-love?

Intinya cuma ada di bagian bersantai dan tidak terburu-buru. Kamu bisa menambahkan segelas espresso atau teh chamomile kesukaanmu. Dan yang pasti, nikmati. Tidak ada artinya jika kamu melakukannya dengan terburu-buru dan asal ada.

Sudah siap menyambut hari hujan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Sila untuk bertandang kembali bilamana saya membalas :)

Instagram